Unboxing dan Review Strawberry ST22

Jangan mentang-mentang sudah pakai smartphone, lantas handphone biasa dilupakan. Ada kalanya kita butuh di saat-saat yang tidak kita duga.


Gue iseng-iseng mencoba sebuah handphone atau ponsel lokal yang murah meriah di budget Rp150 ribuan, Strawberry ST22. Awalnya gue kaget, "Ada ya HP semurah ini?" Sudah gitu, ada kamera, dual SIM on, memory card, music player, flashlight, dan bahkan bluetooth. HP paling murah dari Nokia atau Samsung saja minimal masih Rp250ribuan dan itu juga hanya bisa telepon dan SMS.




Nah, daripada penasaran, gue langsung beli deh buat di-unboxing dan share ke elo semua.

Paket Penjualan


Strawberry ST22 datang dengan sebuah kotak minimalis yang berwarna biru. Sangat mirip dengan desain kotak Nokia 105, 107, atau 108 zaman dahulu sebelum diakuisisi Microsoft. Apa saja isinya?

strawberry-st22 (4)

Pas dibuka, terdapat sebuah handset di bagian atasnya. Di dalamnya, ada sebuah baterai tipe BL-5C, charger lubang kecil 2.5mm seperti Nokia, handsfree standar, lembar panduan singkat, dan kartu garansi.

Wah, lengkap banget ya untuk zaman sekarang. Gue aja kaget loh, dengan harga segitu bisa mendapatkan handsfree. Smartphone 2 jutaan sekarang saja sudah jarang yang menyertakan handsfree. Ya, meski kualitasnya ya jangan berharap banyak juga.

Desain


ST22 sepertinya adalah ponsel Tiongkok yang direbranding menjadi brand lokal. Tersirat namun tidak tertulis. Desainnya identik dengan vendor Nokia dengan seri 108-nya.

strawberry-st22 (5)

Ringan, kecil, dan kompak. Itulah yang gue rasakan saat memegang ponsel ini. Kebetulan unit yang gue beli hanya kebagian warna hitam, padahal terdapat banyak pilihan warna seperti cyan, merah, orange, putih, kuning, dan orange. Alhasil ponsel yang berada di tangan gue, semuanya dibalut dengan warna hitam.

Build quality-nya? Hmm, so-so lah. Tidak sehalus dan sebagus Nokia memang. Namun gue juga sadar diri dan tidak akan komplain jika membeli dengan harga segini.

strawberry-st22 (13)

Keypad dan navigasinya terbuat dari bahan karet. Cukup empuk dan enak ditekan meski menimbulkan bunyi yang cukup terdengar. Namun buat jari yang agak besar, navigasinya sering salah tekan karena komposisi karetnya yang menyatu.

Di bagian bawah terdapat jack audio 3.5mm, lubang charger kecil, dan port microUSB. Di sisi lainnya polos tanpa ada tombol atau port apapun. Di belakangnya ada kamera VGA dan sebuah lampu LED untuk senter. Terakhir di sisi depan, ada barisan keypad serta layar beresolusi 128 x 160 piksel dengan ukuran 1.8 inch yang di atasnya terdapat earpiece merangkap sekaligus speaker utama.

Fitur dan Antarmuka


Sebagai ponsel fitur (feature phone), Strawberry ST22 cukup digdaya di kelasnya. Hampir semua kebutuhan dasar ponsel ada di sini.

strawberry-st22 (6)

Dual SIM on, memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua kartu SIM secara bersamaan. Cocok untuk orang yang mempunyai beberapa nomor dengan keperluan berbeda. Ukuran SIM-nya adalah mini SIM atau SIM standar tanpa perlu dipotong.

ST22 juga disertai kemampuan slot memory card berjenis microSD. Tidak disebutkan berapa maksimal ukuran microSD yang didukung, namun gue sarankan tidak di atas 8GB.

Ada music player yang miskin pengaturan. Hanya ada tombol mengubah besar volume dan next/ previous lagu yang diputar. Lagu yang dimainkan cempreng dengan suara lumayan keras. Tidak istimewa namun cukup sebagai pelipur lara.

strawberry-st22 (12)

Kamera VGA yang dibawa juga "sekadar ada". Dengan resolusi maksimal 640 x 480 piksel, hanya cocok digunakan untuk mengabadikan momen mendadak yang dapat dijadikan barang bukti atau bahan obrolan. Setidaknya orang akan lebih percaya jika ada visualnya daripada "ngomong doang".

Ada juga konektivitas bluetooth dan browser internet GPRS. Namun gue sendiri tidak mencobanya karena memang sedang tidak dibutuhkan.

strawberry-st22 (3)

Flashlight berupa satu buah LED dapat dijadikan lampu penerangan di kala benar-benar darurat. Meski kalau harus jujur, masih lebih terang lampu senter LED yang ada di korek/ macis gas yang biasa dibeli seharga tiga ribu Rupiah di pinggir jalan.

Antarmuka atau user interface (UI) ponsel ini sangatlah standar. Kalau bicara user-friendly, masih jauh lebih baik dan lebih enak ponsel Nokia jadul sekalipun. Susunan menu utamanya 3 x 3 dengan warna yang tidak enak dipandang. Hmm, sudah murah kok banyak protes ya? Ya mau bagaimana lagi soalnya memang agak mengganggu sih.

strawberry-st22 (8)

Khusus menu Messaging (SMS), ponsel ini support karakter panjang. Meski lagi-lagi ada keluhan menurut gue. ST22 tidak didukung sent box sehingga kita tidak dapat melihat SMS apa yang telah dikirim. Perlu menjadi catatan tersendiri sih.

Baterai


Strawberry ST22 membawa baterai bertipe BL-5C seperti beberapa tipe Nokia. Tipenya sama namun baterai yang dibawa tidaklah sama dengan Nokia. Kapasitasnya tertulis hanya 500mAh.

Untuk penggunaan sebagai ponsel cadangan, ponsel ini mampu bertahan 2 - 3 hari dengan sekali charge. Cukup SMS dan telepon beberapa kali sehari, dengan kadang-kadang memutar lagu 5 menitan.

Kesimpulan


Strawberry ST22 cocok digunakan sebagai ponsel yang menyasar ke orang-orang dengan budget yang benar-benar mepet.

strawberry-st22 (2)

Fiturnya lumayan lengkap dengan paket penjualan yang komplit. Meski ada beberapa catatan yang mesti dilihat dan dimaklumi ketika meminangnya. Kualitasnya sendiri standar khas ponsel lokal dengan harga sekelasnya.

Namun jika elo mencari handphone cadangan atau backup yang tangguh dan tahan banting, ponsel dari vendor ternama misal Nokia 105 atau Samsung Keystone 3 masih lebih baik. Kualitas materai dan daya tahan baterainya masih jauh di atas ST22 ini.*

28 Komentar

  1. HP ini ada getarnya gak mas??

    BalasHapus
  2. Yang versi review ini ada, bro.

    BalasHapus
  3. sama aldo bagusan mana mas... yang harga sebanding.

    BalasHapus
  4. Sama saja sih mas kalau soal kualitas. Sama-sama HP Tiongkok yang direbranding. Tinggal pilih mana yang berani memberikan garansi.

    BalasHapus
  5. Hp yg aneh diam diam ngabisin pulsa.. pengaturan hp nya terhubung ke internet.. dan cara matikan koneksinya gak ada.. klo boleh tau gmn cara nya matikan koneksi nya..

    BalasHapus
  6. Mas cara buka penutup casing belakang gmn ya???tolong dbantu y,,

    BalasHapus
  7. Yakin karena internet? Punya kita malah ga bisa terhubung ke internet. Coba cek jangan-jangan ada service lain misalnya SMS premium atau RBT gitu.

    BalasHapus
  8. Tekan bagian kamera sambil tarik casing belakangnya saja.

    BalasHapus
  9. Mas gimana ya caranya mematikan suara tombolnya atau mengecilkannya

    BalasHapus
  10. Ane ngalamin hal yg sama kayak agan Hairullah gan, gprs tiba-tiba aktif sendiri, nyedot pulsa diem2
    Ada yg tau cara matikan gprsnya?

    BalasHapus
  11. Beneran ini gan karena internet, gprsnya aktif sendiri. Ane udh cek ga berlangganan layanan apapun.

    BalasHapus
  12. serius nyedot pulsa bro, lagi cari cara menonaktifkannya, internet tidak bisa digunakan namun terkadang simbol G (gprs) muncul dan pulsa berkurang, entah apa yang tertanam dan tersembunyi didalamya, mungkin pembuatnya memasang program untuk upload beberapa data kita ke server mereka.
    mungkin untuk bbrp sim baru ada bonus internet, jd pengguna tak tau kalau ada sambungan internet, tp simku sim lama tanpa bonusan internet habis tak terpakai pulsanya. mau komplain kemana lagi, kartu garansi tlah gilang, hp dipakai malah malak pulsa, terpaksa dibuang.

    BalasHapus
  13. ada yg udah nemu caranya gak ya gan pusing mikirin hp kayak gini pulsa abis trus tak terpakai

    BalasHapus
  14. sama gan ane juga mohon kalau ada suhu yg bisa banti pecahin masalahnya
    mau di angurin sayang mau di pakek ngabisin pulsa ni hp dilema

    BalasHapus
  15. ini lagi coba ane kasih simcard yang sudah terblokir ditaruh slot sim1 dan yang aktif ane pake di sim 2

    BalasHapus
  16. Akun wap/jalur akses nya hapus semua aja gan.

    BalasHapus
  17. Sama gan hp ibu saya strawberry st22 juga mau plsa brp pun sllu terpotong alias lenyap
    Saya sudah 2x tlpn customerservice provider yg dipakai ibu saya,jwbannya sama terus yaitu dari hp strawberrynya aktif internetnya,memang saya coba sbnrnya tidak bisa buat internet,ttpi sllu saja muncul logo G di smping bar sinyal dan alhasil pulsa brp pun bablas.
    Parah bener ni hp bs nyedot plsa,pdhal logika nya gprs aja buat internet gk bs

    BalasHapus
  18. Masuk layanan browser-data akun-pengaturan sim-rubah semua apn nya agar tdk bisa terhubung koneksi internet.. Makasih

    BalasHapus
  19. Masuk layanan-akun data-hapus semua apn kosongin semua, nti tidak akan bisa konek ke internet... Maksih

    BalasHapus
  20. Wah kabur nih yg punya blog..Ini hp penyedot pulsa..weduuzzzz.

    BalasHapus
  21. Aku juga ngalamin pulsa tersedot karena internetnya,padahal hpnya jarang disentuh kecuali klo ada telpen aja!! pas cek *887# pengeluaran gprs sekian KB.. Habis pulsa kesedot, sudah solusinya kah gan??

    BalasHapus
  22. Sama ni hp ngabisin pulsa

    BalasHapus
  23. Klo pake telkomsel enak gan.. cukup dimatikan gprs via sms gak disedot pulsa kita. Indosat ini yg parah udah hub CS cm suruh pindahin ke hp lain

    BalasHapus
  24. Ada Pengaturan GPRS nya ngga? Kalo ada, ubah APN dan IP nya jadi sembarang. Ane ngga punya ni hp. Dulu punya Nokia C1-01. Memang kadang aktif sendiri internetnya. Ane lakukan itu bisa. Kayaknya memang semua hape candybar yang bisa internet, begini, nyambung data sendiri. Pengen beli hape candybar lagi buat nostalgia. Tapi sayang ini batre hanya 500 mAh. Ga jadi beli tipe ini. Thanks sudah unboxing dan review, rasa penasaran sudah terjawab.

    BalasHapus
  25. Harga cuman 109rb di lazada.+ voucher dipotong 20rb. Jadi 89rb doang. Ke tempat ane (KLATEN) gratis ongkir. Beli sekalian gan hehe. Pengen tau si ST22 ini :D

    BalasHapus
  26. Hehe, habis pertapaan di gunung :mrgreen:
    Itu di komentar lain ada yang berikan solusinya dengan mengganti APN. Silakan dicoba Bro.

    BalasHapus
  27. Cara setting suaranya gmna y?

    BalasHapus
  28. sim 1 kasih kartu yg gk ada pulsanya aja, ygim 2 kasih kartu yg sering kita isi ulang ,dijamin gak kesedot lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama